Senin, 26 Mei 2014

e-Modul Kelompok 6 Bio C

KEANEKARAGAMAN HAYATI
TINGKAT GEN, JENIS, EKOSISTEM

I.     PENDAHULUAN
Modul ini akan membahas tentang konsep “Keanekaragaman Hayati” meliputi keanekah ragaman gen,jenis dan ekosistem. Kajian keanekaragaman hayati sangat luas dan beragam  mencangkup semua makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan. Setelah mempelajari kegiatan belajar ini di harapkan dapat :
1.         Mendeskripsikan konsep keanekaragaman dan keseragaman
2.         Menjelaskan keanekaragaman hayati tingkat gen
3.         Menjelaskan keanekaragaman hayati tingkat spesies
4.         Menjelaskan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
Materi ini sangat penting,sebab dengan mempelajari modul ini dapat mengetahui keanekaragaman pada makhluk hidup. Dengan pegetahuan yang kita miliki diharapkan dapt memperoleh banyak manfaat dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya akan mudah mengenali makhluk hidup disekitar kita,baik tumbuhan maupun hewan berdasarkan cirri-ciri atau sifat-sifata yang terlihat.
Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati dunia dan dikenal sebagai negara mega-biodiversity, mengingat tingginya keaneka ragaman hayati yang dapat ditemukan di seluruh negara. Keanekaragaman hayati yang tinggi tersebut merupakan kekayaan alam luar biasa dan dapat memberikan manfaat serba guna, jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Modul ini memberikan informasi yang diperlukan tentang keanekaragaman hayati, khususnya mereka yang bergerak pada kegiatan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), sehingga diperoleh pengetahuan yang cukup untuk mengelola keanekaragaman hayati di lokasi yang dikelolanya. Modul ini terdiri dari bagian yang memuat tentang lembar informasi berbagai topik yang terkait silabus konservasi keanekaragaman hayati, lembar informasi, lembar penugasan dan lembar evaluasi untuk masing-masing topik. Secara sistematis, modul ini terdiri dari 3 bagian utama, yakni membangun pemahaman tentang keanekaragaman hayati, alasan diperlukannya pengelolaan keanekaragaman hayati, dan bagaimana mengelola keanekaragaman hayati.

II.      STANDAR KOMPETENSI
Memahami manfaat keanekaragaman hayati

III.   KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan konsep Keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
VI. INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi keanekaragaman gen, jenis, mahluk hidup dari hasil pengamatan lingkungan
2.      Menemukan jenis organisme khas daerah atau wilayah dan mendeskripsikan  keanekaragaman gennya
3.      Membandingkan cirri keanekaragaman hayati pada tingkat gen,jenis, ekosistem
4.      Menjelaskan factor-faktor yang menentukan keanekaragaman hayati


KEANEKARAGAMAN HAYATI

A.           Tingkat Keanekaragaman
Keanekaragaman dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan,mulai dari organism tingkat rendah sampai tingkat tinggi. Misalnya organism bersel satu hingga organism bersel banyak. Keanekaragaman juaga terjadi dari tingkat organisasi kehidupan individu sampai tingkat interaksi kompleks.
Makhluk hidup dapat dijumpai di berbagai lingkungan. Pada lingkungan terdapat faktor abiotik yang mempengaruhinya, seperti topografi, geologi, dan iklim. Penyebaran makhluk hidup pada kondisi lingkungan abiotik yang berbeda memberi kemungkinan adanya keanekaragaman hayati. Hewan dan tumbuhan yang hidup di darat berbeda dengan swwyang hidup di perairan. Perbedaan itu misalnya pada warna, bentuk dan ukuran. Perbedaan tersebutlah yang menimbulkan keanekaragaman. Selain faktor lingkungan, keanekaragaman dapat disebabkan oleg faktor gen.  
Keanekaragaman terjadi karena adanya variasi, variasi terjadi karena adanya Terdapat berbagai tingkat keanekaragaman hayati diantaranya yaitu :Keanekaragaman gen,Keanekaragaman species (jenis) dan Keanekaragaman Ekosistem
1.        Keanekaragaman Gen
Keanekaragaman yang menyebabkan variasi antar individu yang masih berada dalam tingkat spesies yang sama. Gen merupakan faktor pembawa sifat keturunan yang terletak dalam kromosom. Gen setiap makhluk hidup mempunyai bahan dasar kimia yang sama, namun susunannya berbeda, perbedaan susunan inilah yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen.
Keanekaragaman gen ini sangatlah bervariasi susunan gen dalam suatu spesies. Variasi dalam satu spesies makhluk hidup disebut varietas. Suatu mahluk hidup di katakana satu spesies apabila terjadi perkawinanan antar 2 individu akan menghasilkan keturunan yang fertil. Contoh : adanya varietas pada kucing, kelapa, ayam, harimau dll Adanya keanekaragaman tingkat gen ini dapat kita amati pada gambar berikut:
 



2.    Keanekaragaman Jenis
Keanekaragaman tingkat jenis adalah perbedaan-perbedaan pada berbagai species makhluk hidup di suatu tempat. Keanekaragaman hayati tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya beraneka macam jenis mahluk hidup baik yang termasuk kelompok hewan, tumbuhan dan mikroba. misalnya : Variasi dalam satu famili antara kucing dan harimau, variasi famili Palmae antara lain kelapa; siwalan; aren dan pinang, variasi famili Graminae antara lain padi, gandum, tebu, dan jagung. Mereka termasuk dalam satu famili(family atau keluarga Felidae) walaupun ada perbedaan fisik, tingkah laku dan habitat.
Keanekaragaman hayati tingkat jenis ini mudah di amati karena terdapat perbedaan yang mencolok contoh nya kelapa,kurma dan sagu. Meskipun tumbuan-tumbuhan tersebut satu kelompok tumbuhan palem-peleman msing-msing memiliki fisik yang berbeda dan habitatnya  pun berbeda pula.
Untuk melihat keanekaragaman hayati tingkat jenis amati gambar berikut:



3.         Keanekaragaman Ekosistem
Dari semua variasi yang ada pada setiap tingkat jenis akan mempunyai tempat hidup yang berbeda, tempat hidup ini akan membentuk ekosistem yang berbeda pula. Contohnya : kelapa ekosistemnya di daerah pantai, siwalan ekosistemnya di daerah kering, aren ekosistemnya di daerah rawa.
Di dalam ekosistem, seluruh makhluk hidup yang terdapat di dalamnya selalu melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidup maupun makhluk tak hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya. Hubungan timbal balik ini  menimbulkan keserasian hidup di dalam suatu ekosistem. Gambar berikut ini merupakan gambar keanekaragaman ekosistem :



B.  Manfaat Keanekaragaman Hayati
a.    Manfaat produktif         : artinya nilai produk keanekaragaman hayati yang diolah secara besar-besaran dan bersifat komersial.Contoh: pabrik susu memerlukan sapi perah untuk sumber bahan baku.
b.    Manfaat konsumtif        : artinya nilai produk keanekaragaman hayati yang langsung dikonsumsi. Contoh: bahan pangan,bahan bangunan, bahan obat-obatan.
c.    Manfaat non-konsumtif : artinya nilai produk keanekaragaman selain produktif dan konsumsif,antara lain sebagai plasma nutfah.memberikan keindahan alam,manfaat ilmiah dan manfaat mental dan spiritual.
C.  Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keanekaragaman Hayati
a.    Kegiatan manusia yang menurunkan keanekaragaman hayati antara lain:
1)        Penebangan liar, ladang berpindah, pembukaan hutan yang menyebabkan   kerusakan
2)        Intensifikasi pertanian
3)        Industrialisasi
4)        Perburuan liar dan penangkapan ikan tanpa kenal batas
5)        Penemuan bibit unggul yang dapat mengakibatkan terdesaknya bibit  local(erosi plasma nutfah)
b.    Kegiatan manusia yang meningkatkan keanekaragaman hayati antara lain:
1)   Pemuliaan bibit unggul
2)   Reboisasi
3)   Pengendalian hama secara biologi
4)   Penebangan hutan dengan peremajaan(tebang pilih dan tanam kembali)
c.    Usaha-usaha pelestarian alam antara lain:
1)   Pelestarian alam secara in situ: artinya melakukan perlindungan dan pemeliharaan hewan dan tumbuhan di habitat aslinya.Contoh,:
a)    Pelestarian komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Komodo
b)   Pelestarian badak Jawa(Rhynoceros sundaicus) di ujung Kulon
c)    Pelestarian bunga bangkai (Rafflesia arnoldi) di Bengkulu
2)   Pelestarian alam secara ex situ : artinya melakukan perlindungan dan pemeliharaan hewan dan tumbuhan di luar habitat aslinya. Contoh:
a)        Kebun botani, yaitu kebun yang mengoleksi berbagai jenis tumbuhan yang hidup, seperti Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi Jawa Timur.
b)        Kebun Plasma Nutfah, mirip kebun koleksi tetapi tidak hanya mengembangkan plasma nutfah yang unggul,termasuk mencakup bibit tradisional serta kerabat liarnya.
c)        Kebun Koleksi, kebun yang berisi berbagai jenis nutfah tanaman yang akan dipertahankan dan dikembangkan dalam bentuk hidup.Misalnya koleksi kelapa di Bone-Bone.
d)       Penangkaran Hewan, mengambil dan menetaskan telur hewan-hewan tertentu yang pada saat tertentu akan dilepaskan,misalnya penangkaran Penyu.
D.  Usaha Perlindungan Alam
Perlindungan alam dilakukan untuk menjaga supaya keanekaragaman hayati di Indonesia tidak berkurang. Perlindungan alam dibagi menjadi dua,yaitu:
a.    Perlindungan Alam Umum
1)   Perlindungan alam ketat,yaitu perlindungan terhadap alam tanpa campur tangan manusia,misalnya Cagar alam Gunung Tangkoko di Sulawesi Utara
2)   Perlindungan alam terbimbing, yaitu perlindungan alam yang dibina oleh para ahli, misalnya Kebun raya Bogor
3)   Taman Nasional, yaitu perlindyngan alam yang dimanfaatkan untuk pendidikan, budaya dan rekreasi tanpa mengubah ekosistem,misalnya Taman Nasional Gunung Leuser, taman Nasional Baluran di Jawa Timur dan laian-lain.
b.    Perlindungan Alam dengan Tujuan Tertentu
1)   Perlindungan geologi,bertujuan melindungi formasi geologi
2)   Perlindungan zoology, bertujuan melindungi hewan langka
3)   Perlindungan botani, bertujuan melindungi komunitas tumbuhan tertentu
4)   Perlindungan ikan, bertujuan melindungi ikan yang terancam punah.
5)   Perlindungan Suaka Margasatwa, bertujuan melindungi hewan yang terancam punah
6)   Perlindungan hutan,bertujuan melindungi tanah,air dari perubahan iklim
7)   Perlindungan antropologi, bertujuan melindungi suku bangsa yang terisolir
8)   Perlindungan pemandangan alam, bertujuan melindungi keindahan alam suatu daerah
9)   Perlindungan monument alam, bertujuan melindungi benda-benda alam tertentu.



















Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban tersebut.

1.  Perbedaan yang ditemukan di antara sesama ayam dalam satu kandang disebut ……..
A. evolusi
B. adaptasi
C. variasi
D. keberagaman
E. adaptasi dan variasi
2. Di antara individu sejenis tidak pernah ditemukan yang sama persis untuk semua sifat. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan…………
A. lingkungan
B. induknya
C. jenisnya
D.  lingkungan dan gen
E. gen dan plasma nutfah
3.Keanekaragaman  ekosistem  ditunjukkan  oleh  adanya  perbedaan komponen berikut ini, kecuali …………..
A. sumber energi primer
B. jenis produsennya
C. produktifitasnya
D. jenis konsumennya
E. komponen biotiknya
4. Dua makhluk hidup menempati daerah yang sama dapat disebut spesies apabila …….
A.habitat dan warna rambutnya sama
B.warna dan bentuk rambutnya sama
C.jenis makanan dan cara makannya sama
D.cara reproduksi dan jumlah anaknya sama
E.dalam perkawinan menghasilkan turunan fertil
5.Anjing  pudel  dapat  dikawinkan  dengan  anjing  boner.  Anjing-anjing tersebut  dapat  melahirkan  anak-anak  yang  fertil  karena  anjing-anjing tersebut ……
A. satu genus
B. satu familia
C. satu species
D. satu ordo
E. satu kingdom
6. Hutan  bakau  di  Kalimantan,  hutan  hujan  tropis  di  Jawa  Barat,  dan savanna  di Papua,  merupakan  contoh  keanekaragaman  hayati  tingkat …….
A. genetik
B. species
C. ekosistem
D. populasi
E. individu
7. Keanekaragaman  warna  bulu,  misalnya  pada  burung  parkit,merupakan hasil  segregasi  gen  secara  bebas.  Contoh  keanekaragaman  bulu  pada burung parkit tersebut merupakan adanya keanekaragaman tingkat ……
A. gen
B. genus
C. ekosistem
D. species
E. individu
8. Makhluk hidup penghuni bumi ini begitu beraneka ragam. Sumber keanekaragaman makhluk hidup tersebut adalah …………..
A. sperma
B. ovum
C. gen
D. kromosom
E. zigot
9. Berikut  ini  yang  bukan  faktor-faktor  penyebab  terjadinya  keaneragaman hayati adalah …………
A. variasi genetik
B. keaneragaman jenis
C. keanekaragaman genetik
D. keanekaragaman daur energi
E. keanekaragaman ekosistem
10. Variasi gen dalam tingkat jenis dapat menyebabkan terbentuknya ………
A.individu              C.species                     E. ekosistem

B.varietas               D. Populasi

1 komentar:

  1. Casino Bonus Code: SPRT365 - BBSEEON
    No Deposit Bonus Codes | 벳 익스플로 어 Casino 스포츠 토토 bonus code you bet SPRT365 is valid 생방송바카라 for all new players for 바카라 사이트 총판 at least 10 consecutive consecutive years. Use the SPRT365 promo code when making your

    BalasHapus